Tujuan Pendidikan Multikultural - Hasil yang diharapkan Pendidikan Multikultural terlihat pada definisi, justifikasi,  asumsi, dan pola-pola pembelajarannya.  Ada banyak variasi tujuan khusus dan  tujuan umum Pendidikan Multikultural yang digunakan oleh sekolah sesuai dengan  faktor kontekstual seperti visi dan misi belakang sekolah, siswa, lingkungan sekolah, dan perspektif. Tujuan Pendidikan Multikultural dapat mencakup tiga aspek belajar  (kognitif, afektif, dan tindakan) dan berhubungan baik nilai-nilai intrinsik (ends) maupun nilai instrumental (means) Pendidikan Multikultural. Tujuan Pendidikan Multikultural mencakup:
1. Pengembangan Literasi Etnis dan Budaya
Pendidikan Multikultural adalah mempelajari tentang latar belakang sejarah, bahasa, karakteristik budaya, sumbangan, peristiwa kritis, individu yang berpengaruh, dan kondisi sosial, politik, dan ekonomi dari berbagai kelompok.
2. Perkembangan Pribadi
Dasar psikhologis Pendidikan Multikultural menekankan pada pengembangan pemahaman diri yang lebih besar, konsep diri yang positif, dan kebanggaan pada identitas pribadinya. Penekanan bidang ini merupakan bagian dari tujuan Pendidikan  Multikultural yang berkontribusi pada perkembangan pribadi siswa, yang berisi pemahaman yang lebih baik tentang diri yang pada akhirnya berkontribusi terhadapat keseluruhan prestasi intelektual, akademis, dan sosial siswa.
3. Klarifikasi Nilai dan Sikap
Pendidikan Multikultural mengangkat nilai-nilai inti yang berasal dari prinsip martabat manusia (human dignity), keadilan, persamaan, kebebasan,  dan demokrasi.  Maksudnya adalah mengajari generasi muda untuk menghargai dan menerima pluralisme etnis, menyadarkan bahwa perbedaan budaya tidak sama dengan  kekurangan atau rendah diri, dan untuk  mengakui bahwa keragaman merupakan bagian integral dari kondisi manusia.
4. Kompetensi Multikultural
Pendidikan Multikultural dapat meredakan ketegangan ini dengan mengajarkan ketrampilan dalam komunikasi lintas budaya, hubungan antar pribadi, pengambilan perspektif, analisis kontekstual, pemahaman sudut pandang dan kerangka berpikir alternatif, dan menganalisa bagaimana kondisi budaya mempengaruhi nilai, sikap, harapan, dan perilaku. Pendidikan Multikultural dapat membantu siswa mempelajari bagaimana memahami perbedaan budaya  tanpa membuat pertimbangan nilai yang semena-mena tentang nilai intrinsiknya. Untuk mencapai tujuan ini anak dapat diberi pengalaman belajar dengan memberi berbagai kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan kompetensi budaya dan berinteraksi dengan orang, pengalaman, dan situasi yang berbeda.
5. Kemampuan Ketrampilan Dasar
Tujuan utama Pendidikan Multikultural adalah untuk memfasilitasi  pembelajaran untuk melatih kemampuan ketrampilan dasar dari siswa yang berbeda secara etnis. Pendidikan Multikultural  dapat memperbaiki penguasaan membaca, menulis dan ketrampilan matematika; materi pelajaran; dan ketrampilan proses  intelektual seperti pemecahan masalah,  berpikir kritis, dan pemecahan konflik dengan memberi  materi dan teknik yang lebih bermakna untuk kehidupan dan kerangka berpikir dari siswa yang berbeda secara etnis.
6. Persamaan dan Keunggulan Pendidikan
Tujuan persamaan multikultural berkaitan erat dengan tujuan penguasaan  ketrampilan dasar, namun lebih luas  dan lebih filosofis. Untuk menentukan sumbangan komparatif terhadap kesempatan belajar, pendidik harus memahami secara keseluruhan bagaimana budaya membentuk gaya belajar, perilaku mengajar, dan keputusan pendidikan.
7. Memperkuat Pribadi untuk Reformasi Sosial
Tujuan terakhir dari Pendidikan multikultural adalah memulai proses perubahan di sekolah yang pada akhirnya  akan meluas ke masyarakat. Tujuan ini akan melengkapi penanaman sikap, nilai, kebiasaan dan ketrampilan siswa sehingga mereka menjadi agen perubahan sosial (social change agents) yang memiliki komitmen yang tinggi dengan reformasi masyarakat untuk memberantas perbedaan (disparities) etnis dan rasial dalam  kesempatan dan kemauan untuk bertindak berdasarkan komitmen ini. Untuk melakukan  itu, mereka perlu memperbaiki pengetahuan mereka tentang isu etnis  di samping mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan, ketrampilan tindakan sosial, kemampuan kepemimpinan, dan komitmen moral atas harkat dan  persamaan.
8. Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh
Dengan mengetahui kekayaan budaya bangsa itu akan tumbuh rasa kebangsaan yang kuat. Rasa kebangsaan itu akan tumbuh dan berkembang dalam wadah negara Indonesia yang kokoh. Untuk itu Pendidikan  Multikultural perlu menambahkan  materi, program dan pembelajaran yang memperkuat rasa kebangsaan dan  kenegaraan dengan menghilangkan etnosentrisme, prasangka, diskriminasi dan stereotipe.
9. Memiliki wawasan hidup yang lintas budaya dan lintas bangsa sebagai warga dunia
Hal ini berarti individu dituntut memiliki wawasan sebagai warga dunia (world citizen). Namun siswa harus tetap  dikenalkan dengan  budaya lokal, harus diajak berpikir tentang apa yang ada di sekitar lokalnya. Mahasiswa diajak berpikir  secara internasional dengan mengajak mereka untuk tetap peduli dengan situasi yang  ada di sekitarnya - act locally and globally.
10. Hidup berdampingan secara damai
Dengan melihat perbedaan sebagai sebuah  keniscayaan, dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian, dengan menghargai persamaan akan tumbuh sikap toleran  terhadap kelompok lain dan pada gilirannya dapat hidup berdampingan secara damai.



















Kalau untuk pendidikan ini di bisa dimplementasikan ya mas dikalangan anak SMP sampai SMA.
ReplyDeletemakasih buat tulisannya...
ReplyDeleteMakasih infonya. Sangat bermanfaat bagi tenaga-tenaga pendidik di Tanah Air kita ini.
ReplyDeletewww.echa-si.cowok-feminim.com
Banyak kendala yang harus dihadapi agar semua tujuan pembelajaran tersebut tercapai pak..
ReplyDeleteTetap semangat!
multikultural menitikberatkan pada keanekaragaman, saling menerima dan saling mengerti antar kultur atau budaya
ReplyDeleteArtikel yang menarik dan sangat bermanfaat, terimakasih udah disare, terimakasih.
ReplyDeleteMantap mas sharenya, jika apa yang dipaparkan di atas bisa diterapkan dengan baik, maka carut marut dunia pendidikan Indonesia tdk akan terjadi. Salam kenal dari saya Admin (http://www.pengertianahli.com/), thanks..
ReplyDeleteBermanfaat sekali gan
ReplyDeleteizin download
Sangat baik diterapkan di negara kita yang notebene sebagai negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, budaya dan agama
ReplyDelete