Konsep Keselamatan 6 Agama yang ada di Indonesia

Bagikan :
Get our toolbar!
Dapah blog - Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Kata "agama" berasal dari bahasa Sanskerta, agama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.

Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah, mencapai rohani yang sempurna kesuciannya.


Kristen Protestan
Dalam ajaran Kristen protestan ada beberapa pengertian bagaimana cara manusia memperoleh keselamatan. Banyaknya pengertian “Keselamatan“ ini dapat dimaknai dengan ada banyaknya perbedaan pemahaman yang ditangkap oleh Umat Kristen terhadap penjelasan Alkitab, tetapi intinya sama yaitu manusia memperoleh pembebasan dari hukuman dan mendapatkan hidup yang kekal. Keselamatan adalah kasih karunia Allah, tetapi umat kristen harus trus berjuang sampai akhir untuk mempertahankan kasih karunia itu, dan  suatu anugrah dari pribadi Sang Pencipta kepada manusia ciptaan-Nya untuk dapat bersekutu dengan-Nya di dalam Kerajaan-Nya yang kekal. Pengertian “Keselamatan“ didefinisikan : Memperoleh pembebasan atau bisa juga perlindungan dari suatu bahaya yang mengancam jiwa atau bisa juga dari kebinasa. Inti dari keselamatan yang harus dipegang teguh melalui keimanan umat Kristen adalah Yohanes 14 : 6 Kata Yesus kepadanya : Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Katolik
Keselamatan, baik sebelum, pada waktu, dan setelah kedatangan Kristus mengalir dari misteri Paska Kristus : penderitaan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Kristus ke Sorga. karena dengan misteri Paska Kristus, Kristus telah menyelamatkan seluruh umat manusia dan Kristus menjadi sumber dari semua berkat yang mengalir ke seluruh umat manusia. Jadi kalau orang yang tidak mengenal Kristus diselamatkan, itu karena jasa Kristus. Gereja Katolik percaya bahwa Sakramen Baptis adalah mutlak untuk keselamatan, bahkan dikatakan bahwa Gereja tidak tahu ada cara lain selain Baptisan yang membuat orang dapat masuk ke kehidupan kekal di surga (Katekismus Gereja Katolik/KGK, 1257), yaitu baptis air, baptis rindu dan baptis darah.

Islam
Menurut Agama Islam konsep keselamatan adalah beriman kepada Allah dan mengerjakan beramal sholeh. Al Bayyinah (98). Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Ada yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. Al qur’an menyatakan bahwwa keselamatan adalah hasil sinergi antara iman dan amal manusia (q.sal baqarah 25). Agama Islam memaknai keselamatan manusia merupakan hasil upaya manusia dalam menghasilkan amalan-amalan yang diperbuat dari manusia itu sendiri yang pada akhirnya ditentukan oleh Allah. Masing-masing hasil amalan sebagai upaya manusia melakukan perintah (Pahala) dan menghindari larangan Allah (menghindari Dosa) inilah yang menentukan keselamatannya yaitu Sorga atau Neraka. Agar masuk surga, selain dengan memeluk agama Islam, umat Muslim juga diharuskan menjalankan perintah agama, dan melaksanakan rukun Islam.

Buddha
Menurut Agama Buddha konsep keselamatan adalah usaha dari mahluk itu sendiri, entah manusia, siuluma, mahluk halus dan lain-lain. Untuk mencapai suatu kondisi yang disebut “Nibbana” sehingga tidak perlu mengalami silkus hidup, mati, dilahirkan kembali (tumimbal lahir).

Hindu
Menurut Agama Hindu konsep keselamatan adalah untuk semua. Tidak ada yang menyangkal keselamatan. Bahkan jika kita tidak percaya pada Tuhan, ateis dan agnostik dapat mencapai keselamatan. Satu tidak perlu menjadi seorang Hindu untuk mencapai keselamatan. Semua orang akhirnya akan mencapai keselamatan apakah mereka percaya kepada Tuhan atau praktik agama apapun. Keselamatan dalam Hindu dikenal sebagai self-realisasi atau moksha. Itulah alasan mengapa, setiap orang di bumi harus memberikan Spiritualitas lebih penting dan kurang penting bagi dogma keagamaan.

Khonghucu
Menurut Agama Khonghucu konsep keselamatan adalah mengabdi atau menghormati orang tua, hidup beramal semakin banyak beramal dan berbuat baik, ketika meninggalnya, akan masuk kekayangan dan menjadi dewa atau dewi, dan seandainya amal atau perbuatannya kurang banyak, maka akan reinanasi menjadi manusia dimasa yang akan datang, tetapi seandainya tidak ada amal dan perbuatannya buruk, maka akan bereinkarnasi menjdi hewan atau tumbuhan.

Persamaan dan perbedaan konsep keselamatan 6 Agama yang ada di Indonesia
Menurut saya persamaan konsep keselamatan 6 agama yang terdapat diindonesia seperti Agama Kristen Protestan, Agama Katolik, Agama Islam, Agama Buddha, Agama Hindu, dan Agama Khoghucu adalah ingin menperoleh pembebasan dari hukuman dan mendapat hidup yang kekal. Perbedaannya adalah cara penyampain konsep-konep keselamatan tersebut.

Kesimpulan
Dari keenam Agama yang ada diindonesia seperti Agama Kristen Protestan, Agama Katolik, Agam Islam, Agama Buddha, Agama Hindu, dan Agama Khoghucu. Saya menyimpulkan konsep keselamatan itu adalah kasih karunia Sang Pencipta yang diberikan kepada kita sebagai umat manusia. Keenam konsep keselamatan Agama yang ada diindonesi tersebut, ada yang memiliki persamaan dan perbedaan, tetapi menurut saya intinya tetap sama yaitu ingin menperoleh kedamaian, keselamatan dan ingin mendapat hidup yang kekal.

Baca Juga:

0 komentar on Konsep Keselamatan 6 Agama yang ada di Indonesia :

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×