Kecerdasan emosi bagi Guru

Bagikan :
Get our toolbar!
Kecerdasan  emosi bagi Guru - Sudah kita maklumi bahwa banyak faktor yang turut menentukan kualitas pendidikan, seperti mutu masukan (siswa), sarana, manajemen, kurikulum, dan faktor-faktor instrumental serta eksternal lainnya. Tetapi mengingat peranan strategis guru dalam setiap upaya peningkatan kualitas, relevansi, inovasi, dan efisiensi pendidikan maka salah satu komponen yang sangat menentukan bagi keberhasilan upaya tersebut adalah guru, khususnya peningkatan profesionalisme guru.

Di sisi lain, profesi guru sepanjang waktu selalu saja mendapat sorotan tajam. Dewasa ini tidak sedikit gambaran atau wacana yang diangkat untuk menunjukkan citra guru sedang dituding menurun bersamaan dengan pencitraan penghargaan masyarakat, dan juga pemerintah yang mulai terkesan professional terhadap profesi guru dengan fungsinya yang strategis. Meskipun demikian sebagai suatu bangsa yang besar dan masih senantiasa menghargai profesi guru sebagai pembimbing dan pengembang sumber daya manusia menghadapi masa depan, suara dukungan dan upaya bagi pengembangan profesi guru akhir-akhir ini sangat menggembirakan.

Salah satunya adalah transformasi IKIP sebagai lembaga pembinaan, dan untuk mewujudkan profesi guru, serta ditingkatkannya kewenangan PGSD untuk meningkatkan, dan menyelenggarakan program studi S1 bagi guru-guru SD yang sudah memiliki masa kerja tertentu. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang baru, mampu dihasilkan calon-calon guru yang lebih professional. Calon guru professionali harus mampu mengantisipasi, menjalani, danmemberikan solusi bagi tantangan masa kini danmasa depan yang semakin global. Selengkapnya silahkan klik disini

Baca Juga:

0 komentar on Kecerdasan emosi bagi Guru :

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×