Kecerdasan emosi bagi Guru - Sudah kita maklumi bahwa banyak
faktor yang turut menentukan kualitas pendidikan, seperti mutu masukan (siswa),
sarana, manajemen, kurikulum, dan faktor-faktor instrumental serta eksternal
lainnya. Tetapi mengingat peranan strategis guru dalam setiap upaya peningkatan
kualitas, relevansi, inovasi, dan efisiensi pendidikan maka salah satu komponen
yang sangat menentukan bagi keberhasilan upaya tersebut adalah guru, khususnya
peningkatan profesionalisme guru.
Di sisi lain, profesi guru
sepanjang waktu selalu saja mendapat sorotan tajam. Dewasa ini tidak sedikit
gambaran atau wacana yang diangkat untuk menunjukkan citra guru sedang dituding
menurun bersamaan dengan pencitraan penghargaan masyarakat, dan juga pemerintah
yang mulai terkesan professional terhadap profesi guru dengan fungsinya yang
strategis. Meskipun demikian sebagai suatu bangsa yang besar dan masih
senantiasa menghargai profesi guru sebagai pembimbing dan pengembang sumber
daya manusia menghadapi masa depan, suara dukungan dan upaya bagi pengembangan
profesi guru akhir-akhir ini sangat menggembirakan.
Salah satunya adalah
transformasi IKIP sebagai lembaga pembinaan, dan untuk mewujudkan profesi guru,
serta ditingkatkannya kewenangan PGSD untuk meningkatkan, dan menyelenggarakan
program studi S1 bagi guru-guru SD yang sudah memiliki masa kerja tertentu.
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang baru, mampu dihasilkan
calon-calon guru yang lebih professional. Calon guru professionali harus mampu
mengantisipasi, menjalani, danmemberikan solusi bagi tantangan masa kini
danmasa depan yang semakin global. Selengkapnya silahkan klik disini
0 komentar on Kecerdasan emosi bagi Guru :