Cara Membantu Si Kecil Belajar

Bagikan :
Get our toolbar!
Cara Membantu Si Kecil Belajar - Kadang kita melihat, ada sebagian anak tampak senang sekali dengan situasi sekolahnya. Otak anak diibaratkan seperti spons yang dapat menyerap apa saja yang terjadi dengan lingkungannya. Anak-anak seperti ini biasanya menunjukkan prestasi belajar yang baiknantinya.

Berikut ini beberapa kiat/cara yang dapat diterapkan sejak dini untuk membantu meningkatkan keinginan si kecil belajar dan berprestasi di sekolahnya kelak. Tentu saja tidak dengan cara memaksa maupun menuntut, namun lebih pada berbagai arahan dan dukungan yang membuat anak merasa nyaman berkegiatan.
  • Persiapkan ruang belajarnya. Bersihkan mejanya hingga terlihat lega sehingga si kecil lebih siap untuk memulai pelajarannya.
  • Daripada hanya memperhatikan ia belajar, sebaiknya membantunya belajar. Misalnya saja membantunya ia menghafal atau menghitung penjumlahan dalam matematika. Gunakan metode yang lebih 'kids friendly' agar ia lebih mudah menguasai materi.
  • Hindari belajar terlalu larut. Hal ini kurang efektif karena biasanya materi yang dipelajari hilang begitu saja ketika ia bangun tidur. Hal ini dikarenakan si kecil sudah tidak bisa berkonsentrasi ketika belajar terlalu larut.
  • Tidak perlu mengontrolnya semalaman. Berikan ia ruang agar tidak terlalu tertekan. Hal ini juga baik untuk mengajarinya untuk bisa lebih mandiri.
  • Jangan larang si kecil belajar sambil mendengarkan musik. Sebagian anak lebih mudah berkonsentrasi jika diiringi dengan mausik favoritnya.
  • Jangan lupa memberikan makanan yang sehat agar otaknya ternutrisi dengan baik. Ikan yang kaya omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak.
  • Berikanlah ia istirahat selama 10 menit setiap 90 menit belajar. Hal ini baik baginya untuk menyegarkan pikiran dan membuatnya lebih rileks sejenak.

Baca Juga:

0 komentar on Cara Membantu Si Kecil Belajar :

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×