6 Tips Aman Menggunakan Facebook

Bagikan :
Get our toolbar!

6 Tips Aman Menggunakan Facebook - Facebook memang telah menjelma sebagai jejaring sosial yang sangat besar. Sayangnya, mayoritas para pengguna Facebook kurang melindungi data-data pribadi mereka.

Dengan facebook kita bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia, mulai dari posting curhat, posting foto, chat sesama komunitas facebook, mencari teman-teman lama lewat facebook, hingga bisnis marketing online internet.

Banyak kasus sudah terekspos di media yang diakibatkan dari salah berteman di jejaring sosial yang sedang tren saat ini, dari kasus melarikan anak, penculikan, dan lain sebagainya.

6 Tips aman menggunakan facebook

Berikut 6 tips aman menggunakan Facebook agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kita.

1. Hati-hati mempublikasikan data diri di facebook seperti nama, alamat lengkap, telepon, dan sebagainya yang bersifat pribadi.

2. Berhati-hati untuk menulis di wall, apalagi tulisan di wall akan terbaca semua rekan di facebook. Untuk keperluan pribadi dengan salah satu teman, sebaiknya kirim private message sehingga hanya teman saja yang membaca.

3. Berhati-hati, waspada dan tetap berpegang pada etinet (etika berinternet). Teliti dan concern terhadap profil facebook yang ingin menjadi teman Anda. Jangan mengconfirm/approve sembarang orang. Anda bisa sent message terlebih dahulu mempertanyakan siapa yang ingin meng-add Anda menjadi teman. Jangan tertipu dengan fakester (profil palsu). 

4. Facebook menyediakan hak akses bagi teman Anda, teman dari teman Anda atau privacy dari Note, Photo, Link dan lainnya. Gunakan fasilitas tersebut untuk meminimalisir efek negative yang akan timbul di kemudian hari.

5. Facebook terkenal dengan “aplikasi sejuta umat” baik berupa game, quiz dan permainan online yang dibuat berbagai develover pihak ketiga atau berupa invitation dari member facebook lainnya dan itu tidak menutup kemungkinan terdapatnya virus, spyware atau malware yang akan masuk dan merusak computer Anda. Jangan sembarang mengklik link yang diberikan pihak facebook, pihak ketiga maupun membernya.

6. Facebook pada dasarnya bukan untuk anak-anak seperti dalam aturan facebook sendiri. Sebaiknya jangan ajarkan facebook untuk anak, karena anak cenderung meniru perilaku dan kalimat yang tidak sepantasnya ditiru oleh anak dalam komunitas facebook.

Sekian 6 tips aman menggunakan Facebook dari dapah blog, semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

8 komentar:

  1. Yang penting gak upload poto waktu kita di kamar mandi.. wkwkwkw :D

    ReplyDelete
  2. Tips kesehatan, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di dapah blog, emang klo upload poto waktu di kamar mandi kenapa??? wkwkwk :)

    ReplyDelete
  3. Kalau upload poto waktu kita di Kamar Mandi nanti bisa² banyak sesuatu yang nongol yang ingin juga dipoto.. :D

    ReplyDelete
  4. Tips Kesehatan, bener juga tu he he he :)

    ReplyDelete
  5. walaupun sekarang security facebook masih terus ditingkatkan namun masih banyak juga para hacker yang bisa menjebolnya, makasih tipsnya gan :)

    ReplyDelete
  6. Informasi menarik dan sangat bermanfaat,, izin share gan....thx

    ReplyDelete
  7. Informasi menarik dan sangat bermanfaat,, izin share gan....thx

    ReplyDelete
  8. Informasi nya mantap, kita harus berhati-hati agar tidak sampai dicurangi atau dicuri akun kita. ijin share d blog saya ya, biar banyak yang tahu...

    ReplyDelete

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×