Makalah mata kuliah Filsafat Ilmu (ETIKA)

Bagikan :
Get our toolbar!
Makalah mata kuliah Filsafat Ilmu (ETIKA) - Etika sebagai refleksi manusia tentang apa yang dilakukannya dan dikerjakannya menunjukkan gejala yang semakin diminati terutama jika dipandang dari situasi etis dalam dunia modern ini. Namun kebebasan tersebut tentunya mempunyai makna yang lebih dalam bahwa bebas bagi kita belum tentu bebas bagi orang lain. Etika adalah produk dari pembelajaran manusia dalama bermasyarakat, bersumber dari:

1. Agama, merupakan sumber pengetahuan beretika yang sangat berperan dalam membentuk karakter manusia.

2. Nurani, adalah fakultas dalam diri manusia yang selalu mempertahankan kebenaran, tidak pernah berbohong. Dengan aspeknya yaitu aspek index, yudex dan vindex.

3. Keluarga, tentang peran keluarga kita telah faham. Keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah, berkemungkinan besar untuk membentuk anggota keluarganya beretika baik.

4. Lingkungan, lingkungan alam maupun lingkungan pergaulan akan membentuk pola etika tertentu bagi seseorang.

5. Adat istiadat, setiap bangsa/etnis mempunyai adat istiadat masing-masing, akan mempunyai etika tertentu hasil kesepakatan masyarakatnya. Maka bila ada orang yang tidak menyesuaikan diri dengan norma etika masyarakatnya akan dikatakan "mahiwal".

6. Kebiasaan, kebiasan yang dijalankan terus menerus, pada akhirnya akan menjadi sumber etika. Peradaban Bangsa (civilasasi). Peradaban bangsa yang telah maju akan menjadi sumber acuan peradaban bangsa yang masih dalam taraf berkembang.

Selengkapnya download disini

Baca Juga:

2 komentar:

  1. Hampir seluruh penjuru negeri ini memburu referensi untuk penyusunan makalah tentang filsafat ilmu. bersukur dapat referensinya disini. terima kasih kawan....

    ReplyDelete
  2. All posts have something to learn. Your work is very good and I appreciate you and hopping for some more informative posts.
    Thank you…….. Great blog.

    ReplyDelete

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×