Faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi masa - Terdapat beberapa definisi mengenai komunikasi massa yang disampaikan oleh beberapa ahli diantaranya:
- Menurut Bittner (1980:10) Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
- Menurut Garbner (1967) Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paing luas dimiliki orang dalam masyarakat industry.
- Ruben (1992) Komunikasi massa adalah proses di mana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak.
Dari definisi-definisi diatas dapat diambil suatu rangkuman definisi bahwa komunikasi massa diartikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau media elektronik sehingga pesan yang sama dapat disampaikan secara serempak dan sesaat.
0 komentar on Faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi masa :