Cara Mengobati Patah Hati/Putus Cinta

Bagikan :
Get our toolbar!
Patah hati adalah sebuah pengalaman yang sangat berat, mungkin nyaris serupa dengan menghadapi kematian orang yang disayangi. Apapun latar belakang budaya, pendidikan dan usia, Anda pasti merasakan seperti dunia runtuh ketika baru saja mengalami putus cinta. Emosi Anda bercampur tidak menentu, sedih, marah, merasa bersalah, dan penyesalan. Belum lagi rasa tak berdaya Anda akan situasi ini yang semakin membuat Anda terpuruk. Berikun ini adalan cara mengobati patah hati/putus cinta:

1. Terima kenyataan
Ketika cinta tak berbalas, sangat normal bila timbul rasa kecewa. Tapi cobalah terima kenyataan bahwa anda tidak bisa bersamanya. Jangan terus berharap masih ada kemungkinan dia akan mencintai anda, karena akan membuat anda 'jalan di tempat'. Terus memikirkannya hanya akan mengacaukan fokus anda terhadap rutinitas harian dan pekerjaan.

2. Nikmati rasa sakit itu
Adalah hal yang sangat wajar ketika kita kehilangan seseorang yang dicintai. Saat merasakan sakit, itu berarti sebuah tanda bahwa anda sedang dalam proses penyembuhan. Menangislah jika anda ingin menangis, dan berteriaklah jika memang itu bisa membuat perasaan sedikit lega. Rasa sakit setelah putus cinta bisa menginspirasi anda untuk mengerjakan sesuatu yang lebih baik, yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya.

3. Jangan bertemu dengan mantan kekasih sementara waktu
Setelah putus cinta, hindari bertemu atau berhubungan dengan mantan kekasih anda. Perasaan sayang yang masih ada mungkin mendorong anda untuk menelepon, mengirim pesan teks atau bertemu dengannya. Tapi tindakan ini justru akan mengingatkan sakitnya putus cinta. Anda harus benar-benar putus hubungan dengan sang mantan, setidaknya untuk beberapa bulan untuk menyembuhkan sakit hati.

4. Curahkan kesedihan anda hanya kepada teman dekat
Boleh saja menceritakan bagaimana sakit hatinya anda setelah putus cinta. Tapi bukan berarti anda bisa membicarakannya ke setiap orang yang anda temui. Bukannya bersimpati, tindakan ini justru bisa membuat teman-teman menjauhi anda. Bijaklah dalam menyikapi ‘tragedi’ putus cinta anda. Bicaralah hanya pada teman atau orang yang dekat dengan anda, cukup mengerti anda dan mau mendengar setiap keluh kesah. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut bisa menenangkan, mencarikan solusi dan mendorong anda untuk melanjutkan hidup.

5. Tumpahkan perasaan anda dalam tulisan
Menumpahkan semua kekesalan dalam tulisan bisa jadi alternatif lain untuk meredakan sakit hati akibat putus cinta. Keluarkan semua rasa sakit, frustasi dan kemarahan anda dalam buku harian, secarik kertas atau komputer (tapi jangan menyebarkannya ke grup email atau jejaring sosial). Setelah sembuh dari masa lalu menyakitkan, anda bisa membacanya kembali sebagai alat introspeksi untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan berikutnya.

6. Cari tahu kenapa cinta anda tak berbalas
Pahami alasan kenapa pria yang anda sukai tidak memiliki perasaan yang sama. Mungkin saja anda bukan tipenya, terlalu banyak perbedaan karakter, atau dia sudah ada yang punya. Jika alasannya karena sudah memiliki kekasih, tentunya tidak ada lagi yang perlu dipertanyakan. Mengetahui penyebab cinta yang tak berbalas, akan membantu anda untuk lebih bisa menerima kenyataan dan melupakan rasa kecewa. Dengan begitu, anda bisa melanjutkan hidup dan mungkin saja, bertemu pria yang lebih baik.

7. Tetap berpikir positif
Jangan sampai penolakan cinta menurunkan kepercayaan diri. Singkirkan pikiran dia tidak menyukai anda karena penampilan fisik atau status sosial. Ingatlah, rasa cinta tidak hanya datang dari apa yang terlihat dari luar, tapi sesuatu yang lebih dalam dari itu. Jangan menjadi orang yang pesimis dalam cinta hanya karena perna ditolak.

8. Lupakan dia
Singkirkan bayangannya dari pikiran. Luangkan waktu lebih banyak bersama teman atau keluarga, dan orang-orang yang sayang dan perhatian pada anda. Jangan mencoba menghubungi pria tersebut dan memperlihatkan betapa kecewanya anda karena penolakan cintanya. Tindakan tersebut bukan membuatnya simpati, tapi justru merasa bersalah bahkan marah. Perlu diingat, rasa cinta tidak bisa dikontrol dan dipaksa. Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintai anda.

8. Sibukkan diri
Jika masih belum bisa juga melupakannya, sibukkan diri anda dengan pekerjaan atau hobi. Jika tidak punya hobi atau kesukaan yang spesifik, masih banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Misalnya menonton film, pergi ke tempat wisata, mendatangi resto-resto baru atau lakukan olahraga ekstrim.

10. Hindari lagu-lagu cengeng
Lgu-lagu cinta yang cengeng sebaiknya hidari, karena mendengar lagu-lagu cinta yang cengeng bisa membuat sedih lagi.

11. Fokus pada masa depan
Daripada meratapi nasib, lebih baik pikirkan karir dan masa depan. Tulis apa-apa saja yang ingin anda capai dalam setahun ke depan, dan berusahalah untuk memenuhinya.

12. Singkirkan semua kenangan
Jangan simpan kartu ucapan, hadiah-hadiah, dan fotomu berdua si dia. Singkirkan, termasuk kaset-kaset yang menyisakan kenangan bersamanya. Semakin sedikit hal yang mengingatkanmu padanya, semakin cepat kemungkinan hatimu pulih.

Jangan menyerah sahabat, sembuhkan diri Anda dari patah hati, jadilah lebih bersinar, dan temukan cinta Anda kembali.

Baca Juga:

0 komentar on Cara Mengobati Patah Hati/Putus Cinta :

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×