Guru Yang Efektif - Pemikiran Davis
dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and Effective
Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang
beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif, yaitu mencakup:
A. Kemampuan
yang terkait dengan iklim kelas:
- Memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa, dan ketulusan.
- Memiliki hubungan baik dengan siswa.
- Secara tulus menerima dan memperhatikan siswa.
- Menunjukkan minat dan anthusias yang tinggi dalam mengajar.
- Mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan kohesivitas dalam kelompok.
- Melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran.
- Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi.
- Meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada.
B. Kemampuan
yang terkait dengan strategi manajemen:
- Memiliki kemampuan secara rutin untuk mengahadapi siswa yang tidak memiliki perhatian, Suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam mengajar.
- Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berfikir yang berbeda.
C. Kemampuan
yang terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement):
- Mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa.
- Mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa yang lamban belajar.
- Mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang kurang memuaskan.
- Mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.
D. Kemampuan
yang terkait dengan peningkatan diri:
- Kurikulum dan metode mengajar secara inovatif.
- Mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-metode pengajaran.
- Mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk menciptakan metode pengajaran.
0 komentar on Guru Yang Efektif :