Guru Yang Efektif

Bagikan :
Get our toolbar!
Guru Yang Efektif - Pemikiran Davis dan Margareth A. Thomas  dalam bukunya Effective Schools and Effective Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan  tentang beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif, yaitu mencakup:

A. Kemampuan yang terkait dengan iklim kelas: 
  1. Memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa, dan ketulusan.
  2. Memiliki hubungan baik dengan siswa.
  3. Secara tulus menerima dan memperhatikan siswa.
  4. Menunjukkan minat dan anthusias yang tinggi dalam mengajar.
  5. Mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan kohesivitas dalam kelompok.
  6. Melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran.
  7. Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi.
  8. Meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada.

B. Kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen:
  1. Memiliki kemampuan secara rutin untuk mengahadapi siswa yang tidak memiliki perhatian, Suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam mengajar.
  2. Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berfikir yang berbeda.

C. Kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement): 
  1. Mampu memberikan  umpan balik yang positif terhadap respon siswa.
  2. Mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa yang lamban belajar.
  3. Mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang kurang memuaskan.
  4. Mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.

D. Kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri: 
  1. Kurikulum dan metode mengajar secara inovatif.
  2. Mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-metode pengajaran.
  3. Mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk menciptakan metode pengajaran.

Baca Juga:

0 komentar on Guru Yang Efektif :

Jangan Lupa Like Suka ya !!!

×